Kamis, 25 Oktober 2012

Cara, Tahapan dan alat-alat Airbrush Motor


Belajar cara untuk airbrush motor (Automotive)

  Untuk Belajar Airbrush menggunakan Cat untuk Automotif  baik berbentuk cat duco ataupun waterbase untuk Automotive, Tidaklah sulit hanya perlu sebuah papan atau triplek yang permukaanya di lapisi melamin di samping murah juga mudah sekali menemukan triplek atau papan seperti ini. permukaanya yang licin dan keras adalah sifat yang sama saat kita mengerjakan airbrush di permukaan helm,body motor,atau mobil .

 Setahu saya papan ini ada 2 jenis warna untuk permukaanya putih dan biru muda disini saya menggunakan warna putih untuk media saya belajar airbrush. Keuntungan dari menggunakan papan ini adalah saat kita selesai mengerjakan gambar yang kita inginkan atau bila ada kesalahan kita hanya tinggal menghapus saja dengan menggunakan lap yang di basahi oleh thiner maka permukaan papan akan bersih dan siap untuk di gambar lagi menggunakan airbrush.

Kekurangan lainya adalah kita tidak bisa melakukan pengirisan dengan mengunakan pen cutter di atas papan karena akan merusak permukaan papan tentunya.
tapi media ini sangat membantu untuk melancarkan penggunaan airbrush dan bisa untuk mencoba deign realis atau stencils sebelum di terapkan pada media automotif
Berikut adalah beberapa gambar belajar airbrush menggunakan papan melamin


  


 


TAHAP CARA PENGECATAN AIRBRUSH

Teknik airbrush sendiri sangat banyak, tapi yang lebih banyak dikenal orang adalah teknik freehand dan grafis. Teknik pembuatan airbrush pada dasarnya harus memperhatikan dan memadukan antara ketrampilan tangan dalam memainkan spray gun dengan penyesuaian tekanan angin yang dibutuhkan dan menjaga jarak antara permukaan yang akan dilukis dengan alat semprotnya. Yang juga tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah bentuk atau gambar yang akan dibuat. Apakah dengan digambar terlebih dahulu dalam sebuah media (moulding/grafis) atau langsung dilukis pada media yang telah ditentukan (realis/freehand).

Perlengkapan 

Metode pengerjaan airbrush tidak jauh berbeda dengan metode pengecatan biasa, yang berbeda hanya jumlah cat, pernis dan alat yang dipergunakan. Untuk airbrush jumlah cat dan pernisnya lebih banyak 3x lipat dibandingkan dengan pengecatan biasa. Begitu juga dengan alat yang dipakai untuk airbrush, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan alat pengecatan biasa.

Agar dapat membuat airbrush yang baik dan berkualitas tentunya harus mempersiapkan peralatan khusus semacam kompresor dan spray setnya. Selain itu, untuk membuat masing masing coretan mesti memakai ukuran-ukuran spray khusus, misalnya untuk grafis dipakai ukuran 0,3/0,4 sedangkan untuk realis/freehand memakai ukuran 0,2 untuk mendapatkan detailnya. Sedangkan untuk tren airbrush tahun ini diperkirakan jenis airbrush grafis dengan tema yang berbasis Vektor akan meramaikan dunia airbrush di Tanah Air.

Waktu & Desain Menentukan Harga

Untuk waktu proses airbrush sangat bervariatif, ”lama waktu pengerjaan itu berdasarkan atau tergantung dari desainnya dan untuk mobil jauh bisa lebih cepat pengerjaannya dibandingkan dengan motor, ini semua juga tentunya yang berpengaruh ke harga yang bervariatif” ujar JJ, komandan dari JJ Airbrush yang karyanya telah banyak melekat dibody motor maupun mobil-mobil kontes. “Untuk mobil kompetisi biasanya dibatasi waktu pengerjaannya, antara 1-2 hari dan untuk mobil biasa pengerjaan bisa antara 1 hingga 2 minggu” imbuhnya.